Dear moms,

Aku adalah salah satu pasien dr. Karmini di RS. Harapan kita, pada kehamilan
pertamaku tensi awal darahku mencapai 140/110 usiaku saat itu ( 28 th ).
Saat itu Dr. langsung inform bahwa kehamilanku ini adalah beresiko tinggi
saat periksa kehamilan pertama aku diberi obat untuk menurunkan tekanan
darah ting ( sorry lupa namanya ) dan obat untuk pembuluh darah agar tidak
membeku ( aspilet tab ) serta diminta agar menjaga makan , setiap bulan
kontrol dr. selalu melakukan USG untuk mengetahui kondisi bayiku serta berat
badannya sebelum itu dokterpun menyebutkan bahwa kemungkinan nanti anaku
lahir dengan berat badan rendah karena setelah beberapa kali USG hasil
perkembangan berat badan bayi tidak menunjukan berat yang seharusnya pada
tiap bulan.
pasa usia kehamilan 35 Minggu  tiba - tiba aku mengeluarkan darah pada saat
buang air kecil dan saat itu aku lansung menuju RS. Harapan kita dan disana
aku langsung mendapat penangganan yang betul - betul memuaskan dari para
suster maupun Dr. Karmini ( jam 16.00 sore ) saat itu tensiku 160/110 mereka
langsung memberikan obat prnurun tekanan darah dan setiap menit mereka
benar - benar memantuau perkembangan tekanan darahku serta janin dalam
kandungan. pada saat usia kehamilan 35 Minggu ini dari hasil USG
diinformasikan bahwa anakku kemungkinan akan lahir dengan berat basan kurang
dari 2000 gr, maka aku dan suamiku sudah siap mental dari awal kehamilan
serta kupun menjalani kehamilan ini dengan tenang dan berpasrah diri ,
beruntung sekali aku mendapat dr kandungan yang begitu perhatian padaku.
Tiba pada keputusan terakhir bahwa bayiku sudah kekurangan oksigen maka
keputusan untuk dilakukan operasi segera dilakukan pada jam 02. pagi oleh
Dr.Karmini dan saat itu anaku lahir dengan berat 1.600 gr dengan panjang 44
cm ( tahum 1998 ).

Kehamilannku keduapun sama karena aku masih menderita tekanan darah tinggi
dan masih ditangani oleh Dr. Karmini namun pada kehamilan kedua ini
keadaanku lebih parah karena pada usia kehamilan 34 Minggu aku  kontrol ke
dr dan langsung diminta untuk bedrest namun pada saat masuk RS tensiku malah
tambah naik menjadi 190/110 dan pihak RS. segera memberikan obat saat itu
aku diberi adalat yang sudah dihancurkan dan diletakan dibawah lidah serta
mereka memberikan suntikan kepadaku ( aku lupa namanya ) Bukan main pada
saat cairan suntikan itu masuk ke dalam tubuhku tiba - tiba aku merasakan
panas sekujur tubuh yang amat sangat sampai sampai aku berasa seperti
ngompol karena terasa panas sekali. Menurut para suster yang sati itu ada 3
orang yang terus mendampingi aku mereka bilang itu reaksi dari suntikan ,
tidak berapa lama tekanan darahku turun perlahan lahan menjadi 120 / 90 dan
saat itu dr. Karmini memutuskan bahwa kehamilan tidak dapat diteruskan
karena takut terjadi sesuatu tehadap ibu or bayinya. Keesokan pagi langsung
dilakukan operasi untuk mengeluarkan bayiku dan lagi - lagi si mungkil yang
keluar bayi laki - laki dengan berat 1.700 gr dengan panjang 45 cm.

Dari cerita aku ini aku ingin sekedar berbagi pengalaman , dan
alhamdullillah anak pertamaku ( permpuan ) kini sudah berumur 6 tahun dengan
berat 23 kg  dan anak keduaku (laki - laki ) dengan berat 19 kg ) berumur 3
tahun. bagi kita penderita Hipertensi pada saat kehamilan amat sangat harus
kontrol ke Dokter dengan teratur dan selalu menanyakan keadaan bayi kita,
pada kasusku ini Dr. bilang kalau plasentaku mengalami penyempitan sehingga
sari makanan yang masuk ke bayi hanya sedikit. Selain itu pada saat
menjalani kehamilan haruslah tenang dan tidak terlalu stres serta berpasarah
diri. Aku menerapkan ini semua pada saar kehamilan alhamdullillah anak -
anaku lahir degan selamat serta sehat meskipun berat badan mereka kecil .

Aku pun sangat berterima kasih pada Dr. Karmini karena beliau begitu cepat
tanggap terhadap pasien dengan kondisi kesehatan seperti aku serta beliau
sangan keibuan karena pada saat anak - anaku di dalam incubator setiap pagi
beliau selalu menjenguk anakku dulu dan pada saat beliau visit aku, beliau
selalu memberitahukan keadaan anaku.

Sorry yach ceritanya panjang , soalnya beneran pengen bagi pengalaman
khususnya untuk ibu ibu hamil penderita hipertensi.

Apakah ada moms yang mengalamai hal sama seperti aku ? ceritain dong
pengalamannya

Salam,
Riny