Dear Papanya Salsa,

Panasnya berapa suhunya ? Pake termometer ya, pak, jangan pake ukuran
tangan. Dikatakan panas/demam jika suhunya di atas 38.5 derajat. Baru
bisa dikasih obat penurun panas yang parasetamol, jangan ibuprofen.
COntoh yang parasetamol itu tempra. Atau dikompres dulu dengan air
hangat.
Trus diamati selama 72 jam, apakah demamnya masih berlanjut.

Demam itu u/ alarm, pak, penunjuk bahwa ada sesuatu yang gak beres di
tubuh kita. Bisa aja infeksi atau lainnya. Jadi sebaiknya demam jangan
langsung di"matikan" dengan memberikan obat, tapi kita yang harus
pinter2 cari penyebabnya. Mungkin gigi tumbuh, abis diimunisasi. Jadi
obat poenurun panas untuk menyamankan si anak, bukan menyembuhkan
penyakitnya.

Muntah juga salah satu mekanisme pertahanan tubuh, untuk mengeluarkan
sesuatu yang gak baik dalam pencernaan. Bisa juga muntah adalah reaksi
akibat bosen dengan makanannya? Kalau demam memang biasanya nafsu
makan berkurang.

Saran saya, ASI-nya tetap dibanyakin. Sambil di-observasi.

Mohon maaf jika kurang membantu.
=listi=