Ayahnya ALya,

Sekedar nambahin info dari mbak Mega dibawah ini, anak saya Abraham 8,5 bln
(10,1 Kg) juga blm merangkak sama sekali...baru "ongkong2" (org jawa
blg)...ngangkat pantat tinggi2 gitu.........tapi dari umur 7 bln lbh dia
udah minta turun ketanah dan sdh bisa njejak kakinya dgn tegak dan dititah
pelan2 jalan kaki kesana-kemari....(awalnya kami kaget krn kok ga melalui
proses merangkak, duduk dll)............

Setelah kami amat2i..........ternyata Abraham udah pengen jalan
aja....tanpa melewati proses tsb diatas....saya sendiri heran dan blm
sempat nanya ke DSA-nya....Sekarang dia lagi belajar duduk tapi harus
didudukin dulu udah tegak ga perlu dibantu lagi...tapi ya tetepppppppp
merangkaknya itu blm bisa sama sekali baru ongkong2 aja......

Mungkin tiap anak emang beda perkembangan dari satu step ke step
lainnya....Ada parents yang punya pengalaman yang sama???? mungkin bisa
dishare juga....

Salam,
Ibunya Abraham

                    "Mega Ayu

                    Martha"              To:     <balita-anda@balita-anda.com>

                    <[EMAIL PROTECTED]        cc:

                    ta.co.id>            Subject:     RE: [balita-anda] Belajar
Merangkak dan Berjalan

                    31/05/2005

                    10:49

                    Please

                    respond to

                    balita-anda

Ayahnya Alya,

Kalo nga salah di chart tumbuh kembang bayi, seharusnya sih dah bisa
merangkak utk usia 8 bln. Bahkan sepertinya mau proses duduk dan
berusaha utk berdiri. Tp kalo misalnya anak bapak blm bs merangkak dlm
usia itu , patut ditanyakan apakah alya terlambat distimulan utk
tengkurapnya? Atau malah terlalu berat badannya shg susah mengangkat
tubuhnya sendiri. Jd dia blm kuat tulang leher dan punggungnya. Biasanya
setelah dia mampu mengangkat kepala dan punggungnya pelan2 dia akan
berusah utk menguatkan tulang kakinya. Dengan sering latihan mengangkat
pantatnya (posisi nungging2 gitu deh. Spt anak saya waktu di akhir 7 bln
(8,9 kg) kemarin, kisha dah mulai mahir merangkak yg sblmnya diawali dgn
latihan mengangkat pantatnya tinggi2 sambil berusaha angkat tangan satu
jg. Kalo liat mirip gaya yoga lho!
Tp ada jg anak yg langsung melewati proses merangkak tp malah langsung
duduk dan belajar berdiri. Krn setiap anak khan beda2 proses
pembelajaran dirinya.
Sblmnya saya jg sempat bertanya kok lama bgt yap roses mulai
merangkaknya, krn anak saya kok sptnya malah mempersiapkan diri utk
duduk. Eh, tp stlh saya perhatikan prosesnya, dia malah bisa lgsg
merangkak, duduk, dan berdiri.
Maaf kalo kurang membantu.