Nah....mom semua........dah pada lega en jelas belum??? thank's yah mba
reyna atas penjelasannya , intinya ada atau tidak thimerosal pada vaksin
itu tetap aman digunakan dalam arti  "aman" tidak ada hubunganya dengan
autis, tapi sekarang pasti dihati parents semua...pertanyaannya jadi lain
" berbahaya kah thimerosal jika masuk kedalam tubuh ?" pada dasarnya pasti
berbahaya kan?? baik itu ethil mercury atau methil mercury. Namun mercury
sendiri ngga hanya ada di vaksin koq! dilingkungan kita sendiri khususnya
jakarta yg penuh polusi seperti asap, ikan2 laut yg tercemar, air tawar yg
tercemar, sayur2an dll. Nah inilah salah satu sisi yg kita
lihat..ibaratnya...masa sih...dah lingkungan dipenuhi
polusi,mercury,pestisida dsb anak hrs dicekokin lagi dg vaksin yg
mengandung thimerosal/mercury walopun katanya kandungannya sangat
keciiillll...tdk sebesar kandungan ikan laut yg tercemar
mercury.....tapi.... masa iya seeh..dah jatuh ketimpa tangga pula ...atau
mentang2 dah basah harus nyebuuur....nah inilah yg dikhawatirkan para
orangtua, lingkungan dah tercemar...tapi ingin membentengi tubuh anak dg
vaksin..tapi vaksinnya sendiri ada mercurynya (ini ngga ada kaitannya dg
autis lo....) walaupun itu kandungan(Hg) nya kecil. Oia...saya yakin
sebagian besar parents disini tahu dan sangat ingin semua vaksin anak2nya
lengkap....so salah sekali  lo mba klo bilang kita para moms ngga mau
anaknya divaksin, atau mau mempertaruhkan anaknya dg resiko tau2 kena
rubella stadium kacau atau campak atau
gondongan trus kena ensefalis...hih serem
(nauuzubillahiminzaliik)tapi...ada tapinya...dari pada capek2 ngebahas
vaksin yg msh mengandung thimerosal(walaupun kt aap,who aman) mendingan
cari solusinya karena ini yg dibutuhkan org tua yg awam...yah...kan ada
pilihan dan solusi yg terbaik...menurut saya kenapa ngga dihapus aja
peredarannya diindonesia vaksin yg msh mengandung thimerosal tsb, jelas2
bikin orgtua resah..yg pada akhirnya mrk tdk memberikan vaksin pd
anak2nya. Seperti di amrik sendiri pake yg non thimerosalkan? kenapa juga
kita msh bela2in yg thimerosal...kalo masalah harga...wah..saya
kira...apasih yg ngga dilakukan org tua demi kesehatan anaknya, vaksin mmr
yg thimerosalpun dinegri kita ini msh dianggap mahallll koq. Jadi intinya
mahalll bukan alasan u/mempertahankan vaksin yg ada thimerosal.Maap yg
saya bicarakn disini bukan paksa memaksa lho sperti yg mba bilang ini
sharing for our child.
WHO memang sangat ketat mengawasi badan pengawas obat2an kita....tapi
kenapa msh ada yg namanya obat batuk?? padahal kt sslh satu dsa, ngga ada
yg namanya obat batuk...tapi msh diproduksikan? trus rokok..jelas2 rokok
itu berbahaya tp msh pula diproduksi...jadi suatu badan itu ngga bisa
dijadikan jaminan, hanya kita pribadilah yg terus..dan terus mencari tahu
apakah yakin bisa kita gunakan atau tidak" ngga ada asap klo tak ada api
"..so...menurut saya...karena vaksin itu sangat penting...maka gunakan
vaksin yg betul2 tidak ada resikonya ( yg saat ini tanpa ada bahan merkury
)
Sooo.....skrg sudah ada vaksin mmr yg tdk mengandung thimerosal...nah
menurut saya justru vaksin inilah yg hrs dipopulerkan, dan tanggung jawab
pemerintah dan kita sbg org tua bagaimana caranya agar seluruh anak2 negri
ini mendapat vaksin tsb, dan pastikan jenis vaksin tsb yg beredar
diindonesia.

Oia...belum terjawabkan kenapa amrik mengeksport sisa vaksin dg kandungan
thimerosal ke indo?? en yg cdc bantah itu thimerosal bukan penyebab autis,
tp bukan bantahan eksport vaksin tsb ke negara2 berkembang. Dan apakah
dijamin di amrik sendiri masih beredar jenis vaksin thimerosal?? bukanya
mrk sendiri dah menggunakan vaksin non thimerosal??
sorry lo bukan ngotot2an...namanya juga tahap belajar dan rasa
keingintahuan, siapa tahu di millis ini ada yg benar2 bisa memberi
pencerahan.

Regards,
Ummi Nayla

Reyna Miranda <[EMAIL PROTECTED]>
07/20/2005 05:16 PM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

balita-anda@balita-anda.com
cc

Subject
Re: [balita-anda] rangkuman tanggapan deadly immunity

umminya nayla...
kan sudah dibantah sendiri oleh cdc.. klo itu ngga bener.. dan cdc
sendiri udah bilang kalo pernyataan oom kennedy itu tidak beralasan
karena bertentangan dengan penelitian (yang punya banyak detil dan lama)
yang udah dilakukan oleh badan2 dunia semenjak adanya pernyataan kaitan
autis dengan thimerosal oleh dr andrew w. itu.. jadi semenjak adanya isu
pertama kali soal autis dan thimerosal.. who dan aap, cdc, unicef..
semua bergerak kok.. bener ngga thimerosal bikin autis.. tapi ternyata
dari banyak studi yang dikerjakan.. hasilnya negatif.. makanya cdc
bilang, apa alasan si kennedy mengenai pernyataan nya itu dibanding sama
semua yang dilakukan oleh ahli2 vaksin dunia

lagian vaksin mmr di sini kan udah yang non thimerosal.. hihihih.. udah
saya posting juga kan?

i love my country.. but most, i love my children.. our children..
negara berkembang seperti indonesia sendiri kan pabrik vaksinnya diawasi
ketat oleh who..
lagian who sendiri bilang kalo.. thimerosal or bukan thimerosal, efeknya
cuma satu, harga lebih mahal.. karena pengawet vaksin yang aman ini udah
ngga dimasukin... akibatnya cuma orang berduit yang bisa mmr anaknya..
:) mmr tidak lagi bisa dijamah oleh orang indonesia yang mayoritasnya
kalangan menengah kebawah..
beruntunglah kita masih bisa..

saya pun tidak mau gegabah.. tapi kepada siapa lagi kita akan berpegang
kecuali dari kiblat medis dunia sendiri? mereka bikin pernyataan kan
pastinya bukan asal ngomong tentunya ya..
dan bukankah ilmu medis/ kedokteran memang selalu bergerak dalam koridor
risk and benefit?
kalo emang risknya lebih besar daripada benefitnya.. boleh tinggalkan..
tapi kalo emang banyak benefitnya .. kenapa ngga kita pake sih?
sebetulnya kan intinya itu..
benefitnya bukan dirasakan oleh kita langsung kok.. tapi oleh anak kita..
gimana kalo anaknya tau2 kena rubella stadium kacau.. atau campak.. atau
gondongan trus kena ensefalis?
audzubillahi mindzalik ya.. jangan sampe salah satu dari kita mengalami..

tadi juga sudah di psoting e-mail mengenai autis oleh salah satu dokter
and aktifis autis di belanda.. dan sebabnya bukan thimerosal..
tapi ya sudah lah.. itu kembali ke personal choice seperti yang saya
bilang sebelumnya.. :)
saya tidak memaksakan dan tidak mau memaksakan.. hanya coba sharing ..
kalau tidak semua informasi bisa kita ambil.. please perhatikan darimana
kita ambil informasi tersebut, karena hidup anak kita saat ini ada di
tengahnya.. di tangan kita

mohon maaf kalau tidak berkenan

reyna

[EMAIL PROTECTED] wrote:

>Reyna wrote:
>masa iya mereka tega memberikan racun ke tubuh anak2 kita dan termasuk
>anak2 mereka? masa iya mereka senekat itu? mereka kan juga tidak mau
>mencoreng nama mereka sendiri demi kepentingan pabrik vaksin kan? logika
>aja sih saya pak.. heheheh
>
>Mba Reyna.....
>Saya juga bukan anti Vaksin, dan anak saya sendiri sudah lengkap
Vaksinnya
> [...]
>yang mengandung Thimerosal di USA, dg cara mengekspornya ke negara2
>berkembang,terlepas dari benar atau tidaknya thimerosal itu penyebab
>autis.
>Nah....gossiip ini nih apa benar atau tidak??? bukan saya anti Amerika
>atau I love America ( I love indonesia walopun banyak kasus tp tetep lope

>deh...) masalahnya Amerika sendiri terkenal dg negara
>yang.........terhadap negara2 berkembang. Btw...saya ngga ada maksud
>menambah kekhawatiran parents semua karena saya juga salah satu mom's yg
>juga masih tahap belajar dan ngga mau gegabah dalam hal ini.

SUMATERA UTARA !!!