sabar yah mbak Fira
saya sampe hamil anak kedua kalo pergi juga masih naik bis, dan sama kayak
yg mbak fira alamin, kadang ada orang yg baik mau menawarkan duduk tapi
kadang ada juga yang nggak

sedikit cerita ...malah pernah suatu kali disaat saya tidak hamil tapi
memang perut saya agak sedikit besar setelah hamil anak pertama, ada orang
laki-2 yg duduknya itu deket jendela yang selalu ngamatin saya, mungkin
dipikir saya hamil kali yah trus dia nawarin saya duduk, padahal di sebelah
saya juga berdiri seorang ibu yang lebih tua dari saya, yah bukan bermaksud
menolak itikad baiknya, tapi karena ada ibu-2 itu ya better ibu itu yg saya
suruh duduk dengan sedikit rasa yang agak-2 gak enak karena laki-2 itu
berbaik hati tapi saya tolak......

tapi memang susah ya mbak kalo tidak menanamkan cara berperilaku yg baik
dari sejak masih anak-2
dan sayangnya budaya untuk disiplin itu gak pernah tegak di Indonesia ini
mbak
kalo mungkin ada parent yang pernah ke luar negeri, yah gak usah yang
jauh-2lah di sekitar Asia saja, seperti Singapura, Hongkong, dll, di sana
untuk menyebrang jalan itu tidak di sembarang tempat, untuk naik ke bis itu
harus di halte dan dalam posisi antri jadi tidak berdesak-2 an, untuk naik
turun eskalator pun ada aturan nya bagi yg tidak terburu-buru berada di
kanan dan yang terburu-2 lewat sebelah kiri

tapi untuk di Indonesia terlalu banyak budaya dan terlalu banyak kebiasaan
yang tidak bisa di satukan dengan mudah, meskipun semboyan nya Bhineka
Tunggal Ika :)
weh jadi panjang, udahan ah......
btw, semua berawal dari kita, untuk anak kita dan untuk generasi penerus
bangsa kita :)