From: Luluk Lely Soraya I [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, August 18, 2005 8:24 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [sehat] [tanya] kebiasaan minum susu malam hari...

Mbak Dini,

Sptnya sudah menjadi habitnya Syifa ya mbak ?!
Terbiasa dari bayi kah ?
Sebetulnya ada beberapa concern ttg minum dot terutama sambil tiduran.
Concern 1 : Terjadinay tooth decay atau kerusakan pada gigi akiabt
penumpukan sisa2 susu pada gigi dan lidah.
Concern 2 : Resiko terjadinya infeksi telinga akibat minum susu sambil
tiduran. COba cari artip2 email2 sehatyg lama. Banyaaak sekali bahasan ttg
hal ini.
Concern 3 : Krn syifa > 1 th, maka susu sudah gak menjadi kebutuhan utama
lagi ya. DAn seharusnay dia sudah dapat tidur semalam full.

Saran saya, coba dikomunikasikan ke anak mbak.
Saya yakin anak2 seumur syifa (bahkan yg masih bayi sekalipun) sangat
menegrti apa yg dikomunikasikan ke org tuanya.
COba beri pengertian ke syifa bahwa dia bisa tidur tanpa terbangun utk
minta susu. Jikapun ia terbangung krn haus, maka bisa ditawarkan air
putih.
Awalnay mungkin gak mudah, tapi percayalah jika komunikasi dilakukan dg
baik, maka anak akan dpat menerimanya dg baik.

Moga membantu.
Luluk