Boro2 untuk masukin anak ke smp, bayar ujian SD aja kita mesti menggadaikan
kain dan panci kesayangan. Sudah abis semuanya barang2, untuk makan hari2 dan
biaya sekolah.
Bapak tau ngga ? Berapa sih untungnya jualan gado2 ama kredok ini ?
paling2 kalo lagi rame banget cuma dapet untung 40 ribu.
Sehari 40 ribu, buat beras ama minyak tanah aja udah 8 ribu, belom lagi
sayuran, bumbu2, ama tempe bisa 6 ribuan, ongkos ke sekolah anak ama jajan 3
ribu, coba kalo nih anak bertiga minta uang yg sama ? berapa semuanya ?  bayar
cicilan gadaian sehari 10 ribu.
Jadi boro2 pak mau nabung tiap bulan. buat bayar listrik aja harus jual
perabotan.

Lebih2 sekarang ini, ongkos angkot pada naik, barang2 untuk makan juga pada
naik. terus saya mesti gimana lagi ? kondisi begini buat makan aja susah,
apalagi besok kalo BBM naik.  saya udah ngga punya lagi bayangan bisa sekolahin
anak sampe SMP, sekarang aja udah sulit.  bayaran sering nunggak.

Mendingan jaman soeharto dulu dah.., sekarang banyak orang pinter tapi untuk
diri sendiri aja,  ngga mikir kita-kita ini.  bilangnya membantu rakyat, omong
kosong !.

Pemerintah jahat !  uhhhh...uhhh..uhhhh.....(Ibu itu menangis).
saya ngga punya harapan lagi.  anak2 saya ngga bisa sekolah.
uhhhuuu...uhhhhuuu...
hutang saya makin banyak, saya ngga kuat bayar.
Bapak tau ngga ? berapa sih untungnya jualan gado2 ama kredok ini ?
coba Bapak bayangin.

(sekelumit cerita pedagang gado2 depan kelurahan di desa Bencongan, Curug,
Kabupaten Tangerang)