        From:
[EMAIL PROTECTED][SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
        Sent:  Thursday, February 25, 1999 11:11 PM
        To:  [EMAIL PROTECTED]
        Subject:  [balita-anda] Usia Mulai Sekolah

        Bapak-bapak / Ibu-ibu,

        Anak  saya  saat  ini menginjak usia 3 tahun, dan pendaftaran
sekolah TK ataupun
        Play  Group sudah mulai dibuka. Terus terang, saya masih ragu untuk
mendaftarkan
        anak  saya masuk ke Play Group ataupun TK, karena saya anggap usia 3
tahun masih
        belum  cukup untuk memasuki pendidikan formal (meski hanya sebatas
Play Group!).
        Lagipula  saat ini si Kecil senantiasa ditemani Ibunya sepanjang
hari, yang saya
        harapkan  pendidikan  di  rumah  pun  sudah memadai ditambah dengan
pergaulannya
        dengan tetangga teman seusia.

        Saya khawatir apabila saya masukkan anak saya tahun ini ke sekolah,
yang artinya
        si  Kecil  sudah  memulai  pendidikan  formal,  dia  nanti  akan
kehilangan masa
        kecilnya terlalu cepat, yang akan berakibat tidak baik di masa
datang. Yang saya
        herankan,  fenomena  yang tampak saat ini adalah justru semakin
cepat anak mulai
        sekolah  dan  semakin  cepat  seorang  anak  dapat  membaca,
menulis, berhitung,
        memakai  komputer,  berbahasa  Inggris dsb, dsb adalah semakin baik
(bahkan saya
        pernah  melihat  seorang  anak yang baru 2 tahun sudah mulai masuk
Play Group!).
        Sedangkan  menurut  saya hal tersebut kurang tepat karena justru
akan mengganggu
        perkembangan  si  anak. Biarlah anak-anak tidak kehilangan masa
kecilnya, karena
        bila saat ini mereka kehilangan masa kecil itu, mereka akan cari
masa kecil yang
        hilang  tersebut  nanti saat mereka telah dewasa dengan berbagai
kompensasi yang
        negatif.

        Menurut  Bapak  / Ibu, usia berapa seorang anak sudah bisa memulai
dunia barunya
        untuk  masuk ke sekolah formal? Bagaimana juga pendapat Bapak / Ibu
tentang pola
        pendidikan  dasar  di negara kita yang tampaknya sangat memforsir
anak-anak yang
        bukan   mustahil  bisa  membuat  si  anak  menjadi  stress.  Terima
kasih  atas
        tanggapannya.

        wassalam,
        bonny