Tetapi yang kita tahu sekarang ini play group saling berlomba mencari
unggulan dengan iklan yang manis-manis.  Diajar inilah, diajar itulah.  Jadi
play group bukan lagi sebagai kelas tempat berkumpul anak-anak untuk
bermain, tetapi menjadi aduhan orang tua yang ingin anaknya dibilang paling
cepat tangkap apa yang dikatakan oleh gurunya.

Seakan-akan orang tua bangga kalau anaknya dikatakan aduh baru umur 3 tahun
sudah pintar bahasa inggeris, sudah pintar pipis sendiri dan sebagainya.

Saya adalah ibu yang bekerja dari pagi (berangkat 6.30) hingga sore (pulang
hampir jam 4).  Saya mengatur agar saya dan anak saya bisa saling
berkomunikasi walaupun hanya sebentar, setiap pagi saya usahakan anak balita
saya (usia hampir 2 tahun) bangun dengan cara memeluknya/mengganggunya.  Dan
saya ajak juga berbicara walaupun barangkali apa yang dijawabnya itu antara
iyah dan tidak, jika saya akan berangkat saya katakan ibu pergi kerja yah?
sambil pembantu saya menuntunnya untuk melihat bus kerja saya.  Begitu juga
kalau saya pulang kerja, jika dia tidur saya langsung memeluknya dan dia
segera akan terbangun tanpa rewel.
Dengan cara ini, anak saya tahu kalau pagi bus kerja saya kebetulan lewat
anak saya katakan bus kerja.

Tetapi alhamdulillah, karena tetangga saya juga ada perhatian sama anak-anak
saya baik yang sudah sekolah SD, maupun yang TK bermain (usia 4-1/2 tahun)
serta si kecil, jadinya saya dan suami dalam bekerja agak tenang dalam
meninggalkan anak-anak dirumah untuk dirawat oleh pembantu.

Demikianlah sekelumit pengalaman saya,