Pengalaman saya, anak pertama saya latih buang air besar setiap pagi, pipis
dan sebagainya.  Tetapi akibatnya, sepertinya saya menyesal hingga saat ini
pada diri saya sendiri yang terlalu memaksakan kehendak saya kepadanya.
Yang mana seakan-akan saya mau membuat anak saya cepat tahu buang air besar
itu bagaimana, pipis bagaimana dan sebagainya.

Dan untuk anak saya yang kedua dan ketiga, saya biarkan saja.  Ternyata akan
tiba waktunya anak tahu sendiri kalau buang air besar bagaimana, pipis
bagaimana dan dimana.

Betul menurut orang tua (ibu saya yang mempunyai anak 9 org) bahwa semua itu
akan terjadi dengan sendirinya.

Salam balita,