Bapak Yudi yth,
kemampuan anak berbicara, sangat tergantung pada pengasuh anak tsb, jika
pengasuhnya rajin bicara, maka kemampuan anak berbicara cenderung lebih
cepat, daripada kalau anak didiamkan atau dibiarkan main sendiri. Juga,
ada kecenderungan kita sebagai orang dewasa menggunakan "baby talk",
misalnya minum dibilang mung, atau sengaja kalau kita bicara dicadelkan
mengikuti gaya si anak...hal-hal seperti ini mungkin menjadi penyebab
anak berbicara tidak jelas seperti yang dialami anak anda. Saya rasa,
anak bapak cukup normal, sudah mulai bisa bicara, hanya kurang jelas,
mungkin ada baiknya, bapak/ibu berbicara lebih jelas, menggunakan bahasa
yang baik (bukan baby talk) dan usahakan mengulang apa yang anda katakan
berulang kali, biar anak itu bisa menangkap apa yang anda maksudkan dan
meniru anda. Anak belajar melalui proses "repetitif". Mengenai
ngompol...memang kemampuan mengontrol diri untuk tidak ngompol malam
hari paling susah, mungkin anak anda memang belum siap untuk tidak
ngompol....
Selama anak belum mempunyai kemampuan untuk bangun bila mau kencing,
memang susah mendidiknya.....saya anjurkan bapak bersabar sedikit. Saya
tidak pernah mendidik anak saya untuk tidak ngompol, tapi pada usia 3
tahun, dia bisa tidak ngompol sama sekali waktu tidur malam.
Jika bapak terlalu memaksa atau menghukum/memarahi karena ngompol waktu
tidur, nanti si anak malah menjadi "trauma" dan kebiasaan ngompolnya
bisa kebawa sampai besar....mungkin ada baiknya jangan dikasih minum air
terlalu banyak sebelum tidur, dan usahakan si anak mau kencing sebelum
tidur malam.
Mengenai berat badan, asal si anak sehat walafiat, tidak ada yang perlu
dikhawatirkan, anak kami juga cuma 12 kg, padahal usianya sudah tiga
setengah tahun...tapi asal si anak sehat, dan makannya baik, itu sudah
cukup, mungkin memang bawaannya kecil saja.
Maaf penjelasan saya panjang, namun semoga bermanfaat.

> [...]
jauh
>berbeda tingkat kemampuannya berbicara.
>Selain itu setiap malam selalu ngompol bahkan bisa sampai 3 kali,
sementara
>balita se-usia dengannya walaupun minum susu formula tetapi tidak
pernah
>ngompol.
>Kemudian timbangan badannya yang tidak pernah naik-naik, sejauh ini
berat
>badannya tetap 10 Kg. (waktu lahir, berat 29 ons dan panjang 49).
>Menurut dokter tidak masalah, hal wajar dan tidak perlu dikuatirkan.
Tetapi