From: [EMAIL PROTECTED]
>Pada umur berapa bayi bisa dibawa keluar rumah/ keluar kota
>(kurang lebih 8 jam perjalanan) ?

Pada umur berapapun, umur seharipun bisa kalau terpaksa...

>Transportasi apa yg aman, untuk hal tersebut ?

Semua aman, kecuali pesawat terbang. Ini karena bisa terpengaruh pada
perubahan tekanan udara. Namun bisa diatasi dengan memberi sumbat telinga.

>Dampaknya apa jika terpaksa melakukan hal tersebut ?

Dampaknya lebih pada orangtuanya, pasti capek bila anaknya rewel selama di
perjalanan..:-) Disarankan untuk memberi obat yang mengandung sedikit obat
tidur (obat untuk demam/panas, bisa tanya ke dokter) agar selama perjalanan
si bayi cukup lelap tertidur. Hal ini disarankan oleh dokter di AS, ketika
adik saya yang di Amerika pulang ke indonesia sambil membawa anaknya yang
masih bayi.

Salam,
nur agustinus