[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Ada pertanyaan yang mungkin bisa dijawab :
>
> Pada umur berapa bayi bisa dibawa keluar rumah/ keluar kota (kurang lebih 8
>       jam perjalanan) ?
>
> Transportasi apa yg aman, untuk hal tersebut ?
>
> Dampaknya apa jika terpaksa melakukan hal tersebut ?

Pengalaman saya dengan acara ke luar kota sudah pernah saya lakukan saat
bayi saya usianya hampir 3 bulan (sekitar 2 bulan 3 minggu). Dan tidak
ada masalah apa-apa dengan bayi saya.

JAdi selama bayi tidak punya masalah dengan kesehatannya tidak apa-apa
diajak ke luar kota. Dokter anak saya pun mengatakan hal yang sama.
Waktu itu kita naik mobil sendiri dengan lama perjalanan kurang lebih 12
jam (karena kita harus sering berhenti).

Dan pada umur 6 bulan juga pernah kita ajak ke luar kota naik pesawat
udara.. dan dia cukup menikmati perjalanannya....
Hanya saja kalo naik pesawat udara pada saat take off & landing
sebaiknya bayinya diberi minum susu..karena ada perubahan tekanan udara
yang dapat membuat telinga berdenging jika tidak menelan sesuatu (orang
dewasa juga mengalami hal yang sama)
BArangkali ini bisa jadi referensi.....