Mbak Kardinah,

Setahu saya pilek yang terus menerus itu biasanya disebabkan karena
seseorang alergi terhadap sesuatu, bisa jadi cuaca, bisa juga karena debu,
binatang, dan bahkan debu manusia. Untuk yang terakhir saya pernah
mengalaminya sendiri tapi imbasnya bukan pilek melainkan gatal-gatal, dan
dokter saya menginformasikan bahwa saya alergi thd debu manusia dan tidak
bisa berada dalam satu kelompok besar dalam waktu yang lama.
Dalam kasus mbak, apa tidak sebaiknya pembantu mbak dibawa ke dokter saja
agar lebih jelas penyebab pileknya yang berkepanjangan itu sehingga jika
memang pileknya itu adalah penyakit, ya segera diberi obat agar sembuh dan
jika pileknya itu karena alergi, bisa dicari penyebabnya.  Jika memang
alergi, Insya Allah putra mbak tidak ketularan pilek, tapi jika memang
penyakit, ya sebaliknya, kemungkinan besar putra mbak bisa ketularan pilek.
Mudah-mudahan pembantu mbak cuma alergi.

Rgds,
Nayu