Mba' Endah,
Benar juga pengalaman dibawah ini. Anak saya juga sering melakukan hal yg
sama sejak bayi, tetapi atas saran mertua saya, saya beri dia empeng.
Pertama2 saya takut juga sih...krn katanya bisa merusak bentuk mulut dan
gigi serta takut dia nanti tergantung pada empeng tsb, tapi daripada dia
memasukan terus tangannya  ke mulut, akhirnya saya beri dia empeng.
Hasilnya.....dia sudah jarang memasukan tangannya ke mulut lagi (sekarang
usianya 13 bulan) dan untungnya dia tidak tergantung pada empeng tsb. Jadi
sewaktu2 dia mau memasukan tangannya ke mulut, langsung beri dia empeng.
Kalau sudah bosan dia akan melepas empeng tsb sendiri. Mudah2an berhasil....