anak saya berumur 4 bulan, dia senang sekali memasukkan jari2nya ke mulut
...deleted ...
saya berencana akan memberikan
empeng. tapi saya khawatir jika saya berikan empeng bayi saya tidak suka
(nafsunya berkurang) minum susu botol maupun asi.

Endah M. Nugroho
SBB

Halo,
Setelah beberapa tanggapan untuk posting di atas, saya juga ingin ikut
mengomentari sbb :

Dokter anak langganan saya menasihati agar bayi/balita TIDAK DIBERI EMPENG
karena:

1. Anak akan menghisap terus, iseng, sehingga kita tidak tahu apakah anak
haus/lapar atau tidak.
Anak yg tidak diberi empeng : haus, akan menangis,
Anak yg memakai empeng : haus biasanya nggak menangis karena menghisap
empengnya.

2. Empeng berpengaruh terhadap pertumbuhan gigi depan anak, sehingga
tumbuhnya agak "keluar" (tonggos).

Walau dengan empeng anak akan diam, tidak menangis, tidak menggigit-gigit
jari.  Singkatnya mempermudah pengasuh.  Tapi efeknya kurang baik bagi anak
kita.

Mengenai anak yg senang menggigit-gigit jari, semua anak memang mengalami
masa oral (segala sesuatu masuk mulut), tapi kita dapat mengatasinya dengan
memberi mainan gigitan dan dgn mengalihkan perhatian anak ke lain hal.

O ya ... di atas itu sekedar info dari dokter anak saya lho.
Memang ada masukan bahwa anak Pak Vincent kalau lapar tidak mau ngempeng
tapi Pak Indra kasih komentar bahwa empeng adalah alternatif terakhir,
kalau bisa - jangan.
Tentunya kita menginginkan yang terbaik untuk balita kita kan ?

Salam,
Renny