asep supriadi <[EMAIL PROTECTED]>
Saya baru punya baby  laki-laki (anak pertama lahir 1 januari 1999) ,
dilahirkan  dengan cara vacuum tekanan tinggi. Apakah ada pengaruh
vacuum tersebut pada si anak nantinya ? misal pada otak atau bagian
tubuh lainnya.
Terus saya juga mau nanyain berapa sich frekwensi BAB (buang air besar )
dan BAK (buang air kecil) yang normal pada bayi, soalnya baby saya
kayaknya sering banget BAK (lebih dari 10 kali sehari semalam ) tapi
BABnya cuma sekali atau paling banyak dua kali. O ya, baby saya  hanya
dikasih ASI saja.

TI:
Pertama-tama selamat atas kelahiran anak Pak Asep.
Anak saya juga divacuum dan sampai sekarang hampir enam bulan tidak ada
masalah. Belum pernah sakit. Memang tadinya ada benjolan. Bekas darah yang
menggumpal, kata dokter. namun lambat-laun menghilang sendiri seiring
berjalannya waktu.
Soal BAB saya kira masih normal. Semakin besar nanti juga akan semakin
sering BAB-nya. Namun dari pengalaman anak saya tidak sampai lebih dari 10
kali. Kalau BAK sih sering, tergantung cuaca.