Saya juga ingin mengucapkan selamat atas kelahiran babynya.  He is so
precious, isn't he?

Saya hanya ingin menambahkan saja mengenai hal vacuum ini.
Sehubungan dengan kemungkinan munculnya permasalahan setelah seorang
bertambah besar, hal ini dipengaruhi juga oleh proses kelahiran anak
tsb.  Oleh sebab itu, bila dalam pertumbuhan anak nantinya ada masalah,
ada baiknya hal ini dikonsultasikan ke neurolog untuk memastikan ada
tidaknya dampak pada anak tsb.  Bila ada, biasanya neurolog akan
merekomendasikan anak ke psikolog untuk dievaluasi lebih lanjut.

Permasalahan ini umumnya mulai terlihat jelas setelah anak memasuki usia
sekolah dimana pada usia tsb anak mulai melakukan aktivitas menulis
membaca, dll yg menyangkut proses kerja di otak.
SAebagai contoh, apabila vacuum ini mempengaruhi otak yg mengkontrol
bagian motoriknya, maka ada kemungkinan anak tsb mengalami kesulitan
dalam menulis.  Akibatnya, tulisan anak tidak sebaik atau secepat
teman-temannya seusianya.  Bukan karena ia tidak mau, tetapi harus
dimengerti bahwa ia membutuhkan waktu lebih untuk proses belajar
(biasanya dengan remedial teaching).

Mengingat pentingnya hal ini bagi kehidupan anak selanjutnya, maka orang
tua diharapkan kepekaan dan perhatian terhadap proses perkembangan
anak.  Pengamatan dini akan jauh lebih baik karena dapat ditangani
secepatnya sehingga bila anak ternyata mengalami masalah, permasalahan
ini tidak berakumulasi dan tidak berkembang ke aspek lain, spt emosi dan
self-esteem anak.

Terakhir, orang tua jangan putus semangat.  Perhatian dan dukungan penuh
(tidak overprotective) orang tua sangat penting bagi keberhasilan anak.
Setiap anak adalah individu yg unik dan mempunyai permasalahannya
sendiri-sendiri.  Tugas orang tua adalah membimbing dan menjaga anak,
dan tentunya mendoakan dan menyerahkan kehidupan anak pada pimpinan
Tuhan karena tidak ada satu masalah pun yg mustahil diselesaikan oleh
Tuhan.

Salam
God bless us all