Dear netters,

Pada waktu istri saya hamil dulu, kami banyak membeli buku-buku tentang
kehamilan. Salah satu yang kami anggap bagus adalah buku terjemahan dari
penerbit Arcan, judulnya "Kehamilan - Apa Yang Dihadapi Bulan per Bulan".
Dengan harga 20-ribuan (waktu itu), buku itu kami nilai sangat layak
dimiliki oleh setiap pasangan yang sedang menantikan kelahiran bayinya.
Waktu itu kami bahkan merekomendasikan kepada semua teman dan kenalan yang
kebetulan istrinya sedang hamil.

Setelah anak kami lahir, kebetulan Arcan menerbitkan buku ke-2 (masih oleh
pengarang yang sama) dengan judul "Bayi pada Tahun Pertama" (the First
Year). Walaupun harganya dua kali lebih mahal (juga lebih tebal), tetapi
kami langsung membelinya. Dan ternyata buku ini tidak kalah bagusnya dengan
buku pertama. Pembahasannya lengkap, dari mulai pertumbuhan anak, hingga
makanan dan penyakit anak. Bahasa terjemahannya juga baik, jelas dan lugas.

Minggu lalu sewaktu berjalan-jalan ke Gramedia, saya menjumpai buku ke-3.
Kali ini judulnya "Anak Batita" (the Toddler Years). Tebalnya minta ampun,
lebih tebal dari kamus Inggris-Indonesianya Echols-Shaddily. Harganya juga
tidak murah lagi, dua kali lebih mahal dari buku ke-2, atau empat kali
lebih mahal dibanding buku ke-1.
Kalau belum membaca buku Ke-1 dan ke-2, rasanya saya tidak rela membeli
buku semahal itu. Tetapi karena sudah tahu kualitasnya, akhirnya saya beli
juga. Paling tidak buku itu dapat dipakai selama 3 tahun.

Semoga info ini bermanfaat bagi para anggota milis Balita, karena banyak
materi yang dipertanyakan di sini, dapat dijumpai pembahasannya di buku
itu. Kalaupun tidak membeli, paling tidak anda dapat mengintip isinya saat
berkunjung ke toko buku.