Bu Eva,

Pengalaman ibu hampir sama seperti yang saya alami.
Waktu saya hamil anak pertama berat saya naik 14 kg,
tapi bayi saya lahir laki-laki berat 2,75 kg dan
panjang 49 cm (kecil untuk ukuran laki-laki).
Padahal saya dan suami cukup tinggi.
Menurut dokter saya dengan kenaikan berat badan saya
14 kg sebenarnya bisa mendapatkan bayi seberat 3 kg,
karena daya serap/fungsi plasenta saya tidak baik
sehingga bayi saya kurang mendapat sumber makanan
(bukan berarti kurang gizi lho..) hanya sumber makanan
yang masuk sedikit.

Sekarang anak saya sudah berumur 2 tahun 7 bulan, berat
15 kg, dan tumbuh sehat layaknya anak-anak yang lain.
Kalo saya boleh menyarankan sebenarnya ibu Eva jangan
terlampau risau dengan kecilnya bayi, kan anak masih
terus tumbuh melalui makanan & susu. Memang waktu saya
melahirkan sempat terkejut juga... kok bayi saya kecil ya??
Tapi kata dokter saya jangan khawatir bu... pak Habibie
juga kecil tapi otaknya ohe lho (genius).  Bener juga ya..
Buat apa fisik anak besar kalo tidak didukung yang lain
(kepintaran, kesehatan dkk). Mudah-mudahan pengalaman
saya bisa menjadi masukan & berguna bagi ibu.

Salam,
Asrini