Bismillahirrahmanirrahiim.

Mbak Nadhira, ada metoda komunikasi yang disebut :
1. Pesan Aku
2. Pesan Kamu

Cenderungnya kita biasa menggunakan Pesan Kamu dalam mengingatkan anak.
Misalnya : "De' kalau masuk kamar KAMU lepas ya sendalnya..."
atau sejenisnya.

Jarang sekali kita menggunakan Pesan Aku untuk anak. Padahal dengan Pesan
Aku ada beberapa implikasi yang baik yaitu:
1. Si anak terlatih tenggang rasa terhadap perasaan orang lain
2. Si anak terlatih berpikir logis (sebab - akibat).
3. Si anak mengerti dasar kenapa harus berbuat demikian.

Seperti apakah "Pesan Aku" yang dimaksud.
Pesan Aku pada dasarnya menekankan komunikasi kepada diri kita (aku),
sehingga orang lain atau anak mengerti apa yang kita rasakan.

Untuk contoh diatas, dapat kiranya kita tidak menggunakan pelarangan seperti
diatas tetapi sebagai berikut:
"De' kalau masuk kamar jangan pakai sandal ya, nanti ibu (Aku) capek
membesihkan kamar terus..."

Dahulu ketika saya kecil, ini juga yang saya rasakan mengena dari
larangan-larangan Ibu saya terhadap saya. Walaupun alasan beliau dahulu
paling hanya takut ini dan takut itu. Tetapi karena hal itu, saya jadi
terbiasa takut mengecewakan ibu.

Ais, Up