From: MIME :[EMAIL PROTECTED]
Dua telinga anak saya sejak lahir mengalami kelainan yaitu lebarnya tidak
sama. Lebih kecil yang sebelah kiri. Umurnya sekarang 20 bulan. Saya
khawatir dia akan minder kalau sudah besar nanti.
============

Seorang staf saya, juga memiliki telinga yang besarnya berbeda antara satu
dengan yang lainnya. Dia sendiri tidak mengalami masalah dalam hal
kepercayaan diri. Bahwa dia menjadi bahan ejeken waktu sekolah, itu pasti
terjadi. Tapi, kalau orangtuanya bisa memberi bekal kepercayaan diri
kepadanya, maka ejekan apapun tidak akan membuatnya minder jika sudah besar
nanti.

Berbeda dengan orang lain, bukan merupakan suatu bencana. Keunikan yang ada
tubuh bukan pula merupakan suatu kelainan. Hal itu tidak perlu ditutupi dan
kalau orang tua bersikap terbuka (misalnya dalam senda gurau nanti di saat
dia mulai menginjak usia sekolah) soal perbedaan ukuran telinga itu, dia
akan terbiasa menerima ejekan di luar rumah. Orang tua juga jangan mudah
emosi bila anaknya diejek. Itu semua merupakan karunia yang maha kuasa.
Masakah kita mesti menolaknya?

Salam,
nur agustinus