Saya ingin menanggapi tulisan ini, menurut saya tidak benar bahwa anak dalam
usia bayi akan  terjatuh sampai tujuh kali, dan saya belum mendengar bahwa
itu adalah hitungan orang tua.
Jatuh atau tidaknya bayi sedang tidur adalah tergantung orang tua, apakah
orang tua sudah memberi keamanan untuk itu atau belum.

1. Sebetulnya menurut logika jangan sampai bayi terjatuh dari tempat tidur,
maka untuk menghindar terjadi hal tersebut disediakan box bayi yang
dirancang sedemikian rupa sehingga bayi aman. Dan sebaiknya bayi dibawah
usia enam bulan tidur di box, dan usia enam bulan keatas karena bayi sudah
banyak bergerak, bayi tidur di box bayi yang sudah alas kasurnya diturunkan
ke arah yang lebih rendah, sehingga sisi-sisi (pagar) box lebih tinggi dari
tinggi badan bayi. Hal itu jelas menghindar jatuh.

2. Dan untuk bayi yang tidur di ranjang sebaiknya lantai ranjang memakai
karpet atau di sediakan bantal-bantal di karpet, supaya kalau bayi terjatuh
tidak terlalu fatal efeknya. Dan bayi diletakan ditengah ranjang, diapit
oleh bantal atau guling yang terbuat dari kapuk (bantal atau guling yang
terbuat dari kapuk tidak mudah tergeser) .

Cara itu saya gunakan ketika ke dua anak saya masih bayi, dan alhamdullilah
bayi saya belum pernah terjatuh dari box atau ranjang.

Mudah-mudahan cara saya untuk menghindar bayi jatuh akan bermanfaat untuk
orang tua yang punya bayi. Cara ke 2 masih saya lakukan untuk anak saya usia
3 tahun.

Salam