Saya ingin sedikit menambahkan.

Jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh si Ibu sangat berpengaruh
terhadap ASI yang diberikan kepada si bayi. Jika si ibu makan makanan yang
pedas, maka bisa jadi si bayi akan langsung BAB yang encer.  Ibu saya atau
dokter saya sering kali menyarankan jika bayi sukar minum obat (misalnya flu
atau batuk), maka si Ibu lah yang minum obat tsb, kemudian langsung
memberikan ASI-nya ke bayi.

Bila si bayi sudah berumur lebih dari 4 bulan, Ibu boleh mulai makan2x
pedas.  Tapi tidak kagetan (langsung banyak) ... sedikit demi sedikit
porsinya.  Si Ibu memang dituntut untuk dapat menahan diri.

Wassalam.