Ibu/Bapak,

Yang perlu diperhatikan dalam masalah BAB adalah jika bayi masih mengkonsumsi
ASI, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap apa yang dikonsumsi oleh sang
Ibu (apalagi masih usia 3 bulan -- belum mendapatkan konsumsi tambahan selain
ASI) melalui ASI yang diminum oleh sang bayi. Memang pada akhirnya air putih
adalah salah satu yang dapat memperlancar susah BAB --> apalagi jika sang bayi
sudah dapat mengkonsumsi buah (mungkin pepaya adalah yang menurut saya baik).

Pengalaman saya:
Setiap pagi putra saya (8 bln) dari sejak usia 6 bulan saya berikan buah
pepaya (karena sudah mulai ada campuran makan yang mengandung serat), kalau
saya dapati BAB agak susah intensitas pemberian akan saya tingkatkan menjadi 2
x (pagi sebelum makan pagi dan sore sebelum makan sore) karena saya pernah
mendapatkan dia susah sekali BABnya, begitu keluar --> seperti kehabisan
tenaga hanya diam melihat bapak/ibunya tanpa daya.!!!

Kalau air  putih, sampai saat ini putra saya cukup doyan (terutama diberikan
setelah makan)-> istilahnya kalau belum waktunya mau minum susu, dipaksa juga
tidak mau. Pada saat minum susu, alhamdulillah, masih doyan juga (sudah tidak
pakai ASI lagi).

Pada dasarnya dengan mengatur apa yang akan dikonsumsi oleh putra/putri kita,
kita dapat mengetahui, apakah makanan ini dapat mempengaruhi BAB nya atau
tidak. Kalau Ya --> buahnya diperbanyak (pepaya). Kalau tidak ya --> biasa
saja.

Mungkin lain bayi akan lain masalahnya. Ini hanya pengalaman yang saya alami
sampai saat ini. wassalam
Indra