Agung BKC1015 Surastomo wrote:

> Assalamu'alaikum para netters,
> Saya punya bayi laki2 berumur 8 bulan dan ingin mengenalkan / mengajarkan
> renang.
> Kiranya ada yang mengetahui hal tsb, mohon infonya tentang :
> 1. Usia berapa mulai dikenalkan.
> 2. Peralatan / mainan yang diperlukan.
> 3. Lamanya berenang, waktu (pagi/sore)?
> 4.Cara mengenalkannya. Dan mungkin hal2 lainnya.
> Terima kasih atas perhatiannya.
> Wassalam.
> Agung S.

Mungkin pengalaman saya bisa jadi masukan buat masukan Pak Agung,
1. saya mulai mengenalkan kolam renang ke anak saya pada usia 5 bulan.
2. untuk peralatannya yang paling penting tentu ban renang, yang ada
tempat duduknya..bisa membawa bola plastik untuk bermain.
3. pertama kali berenang waktu itu saya hanya sekitar 15-20 menit, untuk
selanjutnya bisa ditambah 15 menit, jadi sekitar 1/2 jam - 1 jam
(tergantung suasana aja), o..ya kalau misalnya dia kelihatan sudah
kedinginan..sebaiknya acara renangnya dihentikan....
4. awalnya saya dudukkan dulu di pinggir kolam renang, setelah dia
kelihatan tertarik baru masuk ke kolam pelan-pelan... (supaya ngga kaget
, kalo langsung dimasukkan).
okay...selamat berenang ....