Pak Agung,
Say ajuga mulai mengajak bayi berenang sekitar umur 8 bulan. Di
ayahbunda, kalau tidak salah sebetulnya dikatakan bahwa untuk mulai
berenang bisa sebelum usia 6 bulan. karena setelah usia 6 bulan ilmu
bayi untuk "berenang seperti yang dia lakukan selama dalam kandungan"
sudah mulai hilang.  Tapi kayaknya kok waktu itu saya belum tega. Anak
saya juga saya belikan baby float. Tapi dia tidak suka duduk di dalam
ban-nya. Dia lebih suka dipegangi ketiaknya dan diajak jalan pada posisi
itu. Juga diajak menyelam,s ekali-kali.
Hanya pernah ada masalah setelah berenang, mungkin pada saat itu air
kolam tidak terlalu bersih sehingga air yang tertelah mungkin agak
kotor. Sehari setelah berenang, anak saya diare. Setelah dibawa ke
dokter, diberi obat dan dikatakan oleh dokter bahwa itu salah satu
resiko membawa anak berenang. Anaknya sih nggak kapok. Hanya memang saya
jadi memperhatikan jadwal kolam dikuras. Sebelum njebur juga
memperhatikan kondisi kolam.
Tapi memang berenang dengan bayi itu fun lho....

Salam,
Dita