Ibu Widia,
Kalau resep tradisional saya tidak punya mungkin rekan lain tahu. Namun kalau dilihat
dari cerita ibu sepertinya anak ibu punya masalah dengan pencernaanya. Beberapa cara
yang saya tahu
1. Saya pernah dengar dari teman waktu anaknya susah BAB diberi air perasan strawberry
satu sendok teh tapi kan buah itu agak susah didapat, saran saya lanjutkan saja
pemberian air putih, klau perlu susunya agak diencerkan agar BAB tidak keras dan sulit
keluar
2. Perutnya di massage pelan-pelan (cara I love you yang dulu pernah dibahas) lalu
kakinya digerakan memutar seperti orang mengayuh sepeda.
3. Ada cara lain dengan memasukkan sabun mandi (dibuat bentuk bulat panjang) ke dalam
dubur (jangan terlalu dalam dan jangan sampai patah sabunnya) tapi cara ini kurang
direkomendasikan dokter
4. Cara lain dengan memasukkan thermometer yang sudah diolesi minyak atau baby oil ke
dalam dubur bayi lalu sedikit diputar-putar untuk merangsang syaraf di dubur dan
sekitarnya sehingga bab nya dapat keluar.
Kalau BAB nya berlendir atau ada darah dan busa maka sebaiknya diperiksa di
laboratorium untuk melihat apakah ada bakteri dalam perut.

Untuk perut kembung mungkin bisa dengan resep tradisonal bawang merah dihaluskan
(jangan dengan cobek yang bekas cabe) ditambah minyak goreng dioleskan sekitar perut,
kalau memang masuk angin pasti anginnya cepat keluar.

Ubun-ubun kepala anak masuk menandakan anak ibu kurang minum (gejala dehidrasi) jadi
volume susu dan air perlu ditambah. Air bisa berasal dari air putih, air buah/juice
dan makanan. Mungkin susah BAB juga karena memang makanan yang masuk memang masih
kurang sehingga perlu ditambah.
Demkian dari saya.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit RisTI - Telkom
Jl. Gegerkalong Hilir 47 Bandung-Indonesia
E-mail: [EMAIL PROTECTED]
Learn Telecommunication Technology at http://www.gematel.com
http://www.ristinet.com - See the difference think better