Untuk anak yang susah BAB biasanya dari makanannya tidak terdapat zat yang dapat
memperlancar saat dia BAB.
Biasanya untuk balita kalau sudah mulai makan kita dapat memberinya secara
teratur juice pepaya tiap hari. Tetapi kalau masih ASI sebaiknya dari si ibu
yang mengkonsumsi buah - buahan tersebut. Saya melihat ada resiko dengan
memasukkan alat - alat luar ke dalam anus sang bayi karena di dalam anus
tersebut juga terdapat urat - urat syaraf yang peka, sehingga dikawatirkan akan
menimbulkan infeksi. Dan juga kita tidak tahu nantinya kalau dia sudah besar
dapat menderita kelainan di anusnya.

Terima kasih.