Sepengetahuan saya ibu menyusui tidak diperkenankan untuk sembarangan minum
obat. Untuk amannya tanya dokter anak anda.

Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk para pelanggan sakit kepala
yang ingin mengalahkan sakit kepala yang membandel tanpa obat (didapat dari
pengalaman saya yang terbatas).
1. Hal yang pertama-tama kita lakukan adalah pergi ke dokter untuk
memastikan bahwa tidak ada yang salah pada tubuh kita. Bisa saja sakit
kepala merupakan tanda kondisi tubuh yang tidak  sehat. Misalnya darah
tinggi.
2. Perhatikan kondisi yang anda alami ketika sakit kepala timbul.
Contoh keadaaan yang dapat mencetuskan sakit kepala menurut pengalaman saya
adalah : posisi duduk yang salah (agak membungkuk), posisi monitor komputer
yang terlalu dekat dan kontras, posisi kepala yang tidak sejajar dengan
monitor komputer sehingga menimbulkan beban pada leher, terlalu lama
menonton teve (apalagi sambil sambil tiduran), posisi duduk yang tidak
sejajar (miring), saat kekurangan cairan (kelamaan tidak minum), terhirup
asap rokok atau knalpot, mulut terasa asem (saya selalu menyediakan permen
di kantor),  stress (menyebabkan posisi tubuh tidak relaks), berbaring
dengan bantal yang terlalu lembek atau keras yang malahan membuat sakit
leher, dsb. Bisa saja keadaan itu muncul dari makanan yang biasa anda makan
(emping melinjo atau bahan sayur asem dari melinjo misalnya).
Saya ingin mengingatkan bahwa kondisi-kondisi ini belum tentu menimbulkan
akibat yang sama bagi orang lain. Yang penting adalah menemukan keadaan
pencetus sakit kepala.
Kalau sudah diketemukan kondisinya, hindari sedapatnya agar anda tidak
terekspos dengan keadaan itu.
2. Setiap bangun pagi membiasakan senam leher (itu lo gerakan yang
diajarkan guru di SD) menggeleng-gelengkan kepala kekiri kekanan, mendongak
keatas kebawah dan memutar-mutar kepala.
3. Rajin minum air putih.
3. Berolahraga dengan cara yang benar secara teratur (berenang adalah yang
paling baik).

Mengenai sering flu, coba periksa apakah ibu mempunyai gejala sakit amandel
atau sakit lain yang menyebabkan mekanisme pertahanan tubuh tidak berfungsi
sempurna. Kalau tidak ada, seorang sinshe pernah menyarankan kepada saya
agar pada saat menyikat gigi tidak lupa juga menyikat lidah. Karena di
permukaan lidah banyak sekali simpul-simpul syaraf (kurang lebih sama
seperti telapak kaki) yang dapat dirangsang dengan sikat gigi. Konon,
kebiasaan ini dapat mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit. Cuman
saya tidak menyarankan bagi orang yang mempunyai gejala tekanan darah
tinggi.  Kebiasaan ini sudah saya jalankan sejak 20 tahun yl. Alhamdulillah
saya jarang sakit flu, kalaupun sakit cepat sembuhnya.

Selamat mencoba.

Salam/Hendra

"Sherry S. Hairulsyah" <[EMAIL PROTECTED]> on 18/06/99 11:19:03

Please respond to [EMAIL PROTECTED]