From: Isnan & Dina <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Saturday, June 19, 1999 3:24 AM
Subject: [balita-anda] Masih mengenai buku Glenn Doman

Sdr (Mbak?) Suslyanti,

Memang anak saya dari kecil sudah tahu TV. Waktu hamil dulu, entah kenapa
saya kok seneng banget duduk depan TV untuk lihat acara anak-anak Tralala
Trilili. Terus berlanjut, waktu bayi anakku jadi seneng sekali lihat lagu
anak-anak, semakin bertambah besar dia juga bertambah minatnya melihat
iklan dan quiz (karena banyak tepuk tangannya). Ngomongnya sih pada awalnya
memang sepertinya itu-itu aja (saya lupa sekitar umur berapa, tapi
kemungkinan sekitar 16 bulan juga)... palingan bisa mama, ayah, dan juga
apa... Saya sampai takut kok bicaranya begitu terus, padahal kita-kita
(ortu & yang di sekelilingnya) sudah sering sekali mengajak bicara. Sama
seperti anak anda, kalau diomongin anaknya ngerti juga. Baru dalam sebulan
ini ngomongnya bertambah luar biasa. Semuanya ditunjuk dan kalau kita kasih
tahu itu apa, yaa dia ikutin. Jadi yang ada sekarang kebiasaan malamnya
sebelum tidur, dia nunjuk benda-benda di kamar sambil kasih tahu saya itu
benda apa. Ngocehnya juga semakin maju. Sudah bisa hitung dari 1-10
(walaupun 4-nya selalu terlompat) dan juga mulai nyusun 2-3 kata, seperti
dadah mama, dadah ayah, abang upi (abang Luthfi, namanya), kum salam (jawab
salam), mama susu, makan nasi/mie goreng, dll. Terus juga sudah bisa nyanyi
cicak-cicak, pok ame-ame, dll walaupun masih banyak kata yang terlewat.
Pokoknya kita enggak nyangka deh perkembangannya bisa segitu cepat dalam
sebulan ini. Mungkin mbak harus bersabar dulu. Memang ada saatnya anak
ngomong, lagian namanya juga anak-anak kita enggak bisa compare satu dengan
yang lain. Tapi yang pasti sih, harus banyak diajak ngomong.

Segini dulu share dari saya. Mungkin ada rekans lain yang lebih
berpengalaman???

Dina T.