Ibu Imas,

saya mau ikutan nimbrung dengan pembicaraan ini.
Saya baru saja ikut bergabung dengan milis balita-anda.

Kasus anak ibu kira-kira sama dengan anak saya (saat
ini berusia 2 thn 3 bulan) yang sampai saat inipun masih
belum dapat berkomunikasi dengan baik dalam arti anak
saya tersebut belum dapat berbicara dengan baik dan
jelas. Bahkan untuk memanggil papa dan mamanya pun
masih belum bisa walaupun dia mengerti tapi belum bisa
mengucapkannya. Di rumah istri dan suster bisa dibilang
cukup bawel. Bahkan kakaknya sangat bawel dan tidak
bisa berhenti berbicara.

Beberapa minggu terakhir ini saya memberikan dia
mainan (flashcard) yang berisi gambar dan tulisan.
Flashcard tersebut saya bacakan dan perlihatkan kepada
nya dan saya melihat ada respon yang baik karena anak
saya mulai ikut-ikutan menyebut gambar tersebut dan mulai
sedikit mengetahui dengan cara menunjuk gambar pada saat
kami menyebutkan nama gambar tersebut.

Saya sendiri mempunyai famili dan juga kenalan yang memiliki
anak dan keponakan yang bahkan baru bisa berkata-kata pada
usia 3 tahun. Padahal pada saat itu orang-orang mengatakan
anak itu 'gagu' akan tetapi kenyataannya saat ini di keluarga
dia menjadi orang yang paling bawel dan cerewet, tidak bisa
berhenti kalau berbicara.

Jadi saya pikir kita tidak perlu terlalu cemas, yang penting saat
ini adalah kita harus terus menerus memberikan stimulasi
(rangsangan) yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara
dan kecerdasannya.

Salam,
sw