Ibu Angelina, saya juga punya pengalaman yang sama dengan ibu, dan putri
saya juga seumur dengan putri ibu (3 thn 4 bulan, dan beratnya 14,5 kg).
Saya sudah konsul ke DSA, dan menurut DSA tsb. memang untuk usia tersebut
termasuk kecil. Tapi yang paling penting adalah anak kita sehat.  Sehat
ditandai dengan kelincahannya, keceriaannya, dan tidak mengalami sakit
apapun, meskipun beratnya hanya sedemikian. Soal besar atau tidaknya anak,
selain karena gizi, juga karena faktor keturunan. Jadi, kalau ibu merasa
gizinya sudah cukup baik, ya tidak usah khawatir. Barangkali faktor kecil
diturunkan dari keluarga bapak atau ibunya.

Masalah bandel dan sulit belajar, saya rasa, ibu harus kembali kepada konsep
play group itu sendiri. Sesuai namanya, play group adalah kelompok bermain
yang ditujukan untuk mengajarkan anak berkelompok atau bersosialisasi dengan
lingkungannya (lingkungan anak-anak). Memang di dalam play group diajarkan
juga sedikit-sedikit pelajaran atau pengetahuan yang umum, demi kemudahan si
anak beradaptasi.  Anak seumuran putri ibu jangan dipaksa belajar! Biarkan
dia puas bermain dengan teman-temannya. Cara belajar anak balita kan beda
dengan cara belajar anak SD.
Ibu harusnya bangga dong jika menurut gurunya putri ibu termasuk anak yang
cerdas. Jangan khawatir, bu. Biarkan putri ibu tumbuh dan berkembang
sewajarnya, tanpa paksaan yang akan membosankan dia nantinya.  Ibu bukan
satu-satunya yang punya anak aktif dan hanya ingin bermain pada usia
balitanya, saya rasa yang lain juga hampir sama kok. Selamat, ya!

R.

==deleted===