Saya setuju. Saya pernah menunjukkan pada bayi saya yang 7 bulan, cara makan: saya
bawa sendok berisi makanan ke depan wajahnya terus saya masukkan ke mulut saya lalu
saya kunyah dengan membuka-tutup mulut lebar-lebar. Ketika dia dikasih makan pisang
halus dia dengan sendirinya membuka-tutupkan mulutnya lebar-lebar persis seperti yang
saya lakukan.

Pengalaman anak saya sendiri mengenai gosok gigi ini adalah dengan
memberikan contoh tanpa paksaan.
Karena anak kecil itu senangnya meniru apapun yang dilakukan ayah atau
ibunya.
Jadi dari awal, saya tak pernah memaksakan dia untuk menggosok giginya.
Pertama dia melihat iklan sikat gigi, lalu saya belikan yang sama seperti
di iklan TV tersebut.
Kemudian dia melihat saya yang selalu sikat gigi, akhirnya dia jadi
ikut2an, tanpa paksaan sedikitpun.
Lalu kita sama2 sikat gigi dengan menghadap ke kaca.
Akhirnya kegiatan menyikat gigi itu menjadi hal yang menyenangkan.
Mengenai anak ibu coba belikan sikat gigi yang menarik perhatiannya,
kemudian buatlah kegiatan itu menarik dengan menunjukkan apabila kita
menggosok akan keluar busa ... pasti akan menyenangkan.
Begitu, semoga pengalaman ini membantu anda ....

felicia <[EMAIL PROTECTED]> on 12-07-99 10:57:47 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]