Ibu,
berhubung saya hanya sebagai pengamat saja jika anak sedang menyusui
saya (istri saya) punya pengalaman yang berbeda
pada saat anak saya berusia berkisar 5 - 6 bulan dia juga tidak mau menyusu
baik dari ASI maupun dari botol
banyak hal yang telah kami coba tetapi tidak berhasil, ternyata dia mengalami radang
tenggorokan
(jadi bukan karena sebab yang lain, seperti bentuk dot, air susu sudah basi, atau yang
lain)
nah bagi para ibu-ibu mungkin sangat perlu untuk mengetahui segala kemungkinan
penyebab anak tidak mau minum susu

dari beberapa pengalaman yang kami alami ( sekarang anak saya sudah berumur 17 bulan)
kami dapat berbagi info sbb :
(berhubung saya baru di milis ini, semoga tidak hanya mengulang info yang sudah lalu)
1. perlu menyediakan thermometer untuk memantau suhu tubuh anak
2. perlu mencoba berbagai bentuk dot yang ada
    (sebagai tambahan, anak saya sejak awal tidak mau minum susu botol jika bentuknya
bulat, tetapi hanya mau dengan bentuk yang pipih, semoga bukan promosi, salah satu
contoh adalah merk YUKI, itupun yang bahannya berwarna kuning, bukan yang putih)
dari sini tentu dapat diambil kesimpulan tiap anak mempunyai kecocokan sendiri-sendiri
3. jangan memberikan ASI ataupun susu formula yang sudah terlalu lama (lebih dari 4
jam), meskipun sudah dimasukkan ke dalam kulkas, seringkali kualitas susu tersebut
sudah tidak bagus
   (tambahan lagi, anak saya pernah (maaf) mencret-mencret karena minum susu formula
yang sudah dibuat 3 jam yang lalu)
4. jika botol susu akan dipakai mohon di rebus/disterilkan terlebih dahulu (inipun
pasti disarankan tiap produk botol itu sendiri)