Ibu Mayerlina,
Saya juga bekerja seperti ibu, malah di malam hari saya masih kuliah.
Tetapi saya usahakan semaksimal mungkin untuk menyusui sehingga
alhamdulillah sampai sekarang anak saya masih mau disusui (umur; 7.5
bulan).
Mengenai penggunaan dot, saya ada pengalaman ketika ia baru lahir;
Anak saya lahir prematur dan seketika langsung dibawa ke ruang perawatan
khusus dan dimasukkan ke inkubator (lebih kurang 4 hari). Sedangkan karena
saya melahirkan mendadak karena tiba2 tekanan darah saya melonjak hingga
165/110, saya masih di ruang khusus sampai dua hari dan baru bisa berjalan
dan menjenguk bayi saya pada hari kelima. Jadi selama lima hari anak saya
diberi susu formula atau asi dengan dot. Menurut pengakuan para suster yang
merawatnya pada mulanya ia malas tidak mau meminum susu/asi yang diberikan
dengan dot sehingga sering diberi susu/asi dengan disendokkan. Kemudian
suster2 tersebut mencoba memberikan dengan dot dengan cara memutar2 botol
atau mengetuk-ngetuk pantat botol berirama seperti musik. Dan berhasil dia
mau meminumnya, sampai saya pulang ke rumah saya coba seperti itu hingga
kira2 dua bulan dia sudah terbiasa meminum dengan dot tanpa memuta2
botol/mengetuk-ngetuk pantat botol lagi.
Sekian, mudah2an berguna.

Salam

Intan

Mayerlina - Tripatra