Hallo Pak Susilo.... Selamat Sebelumnya untuk Anda...!!! Bayi Anda Sehat..
Itu suatu Anugrah....
Ok Pak... Sesama Bapak-Bapak.... Saya ingin memberikan sedikit penjelasan
kepada Anda mengenai Pertanyaan Anda. Karena bayi saya mengalami kuning
ketika dia dilahirkan.

Kuning pada Bayi tersebut memiliki banyak penyebab. antara lain :
1. Makanan yang dimakan oleh ibu pada saat mengandung (Ex. Fast Food...
etc)
2. Akibat Tindakan dokter pada waktu melahirkan (Ex. Vacuum...)

Nach pada kasus bayi Saya itu adalah akibat tindakan dokter.... BLL
(Billurubin) yang menyebabkan bayi saya Kuning.. Cukup Tinggi.. Mencapai
angka 11 (normal adalah dibawah 10).. Bayi saya diharuskan istirahat total
selama 2(dua) hari dan disinar biru.. dengan tujuan untuk menurunkan angka
BLL-nya tersebut.
Kuning pada bayi tidak akan membahayakan, jika kita melakukan kontrol yang
ketat... Jika bayi sudah diperbolehkan pulang.. Setiap pagi hari bayi harus
dijemur di matahari pagi Pukul...07.30 - 08.30 ... Selama kira-kira 30
menit paling sedikit, dan tidak boleh memakai baju.....
Jika tindakan tersebut tidak menolong... Pada jumpa pertama dengan dokter
Anak... (kira-kira 4-6 hari setelah bayi pulang) Maka akan dilakukan
pengecekan kembali dengan uji darah di lab untuk memastikan kadar BLL
tersebut. Mengapa harus menunggu sampai sekitar lebih kurang 1(satu) minggu
untuk melakukan pengecekan ..?????

1. BLL yang pertama tidak dapat dibuang oleh bayi melalui air seni karena
masih berupa lemak
2. Setelah lebih kurang 1(satu) minggu, maka BLL telah dapat diubah dan
kelebihannya dapat dibuang melalui
    air seni.

Bahayanya jika BLL tinggi :
- Akan merusak jaringan otak bayi

Jika setelah lebih kurang 1(satu) minggu tersebut ternyata BLL tetap
tinggi... Maka dokter akan melakukan penyinaran kembali terhadap Bayi..
(Lamanya tergantung kadar BLL bayi).. Fungsi penyinaran yang kedua ini
adalah untuk mengubah status BLL (lemak) menjadi BLL yang dapat dibuang
melalui air seni.

Jadi itulah yang dimaksud dengan kuning pada Bayi...... Sebenarnya setiap
bayi yang lahir akan mengalami kuning... Tetapi jelas tidaknya kuning pada
bayi tersebut teramat sangat tergantung pada kadar BLL dalam darah bayi....

Salam untuk keluarga Anda...... PEACE...

Bapak Medici Soedira