Kedua penyebab bayi kuning yang disebutkan benar :
1. Karena hati bayi belum berfungsi dengan baik
2. Karena golongan darah bayi dan ibunya berbeda.

Yang sering terjadi adalah jika ibu golongan O dan ayah nya golongan A, maka jika anak
bergolongan darah A, maka selama anak dalam kandungan si ibu tetap mensuplay makanan
melalui placenta yang berisi darah ibu. Setelah lahir maka sel-sel darah anak akan
cepat pecah (salah satu hasil pecahannya adalah bilirubin).

Perbedaan nya adalah kalau kuning yang disebabkan oleh belum berfungsinya hati maka
akan timbul paling cepat 2x24 jam setelah bayi lahir sedangkan jika sebabnya adalah
incompatibilitas darah bayi dan ibunya maka akan timbul segera setelah bayi lahir
dengan tingkat bilirubin yang jauh lebih tinggi.

Biasanya bayi yang dari kuning sudah kuning dikategorikan kuning patogenik dan
biasanya dirawat lebih intensif.
Untuk kasus yang kedua bahkan dapat dilakukan transfusi darah (seorang saudara saya
mengalami hal ini). Kejadian ini rasio nya hanya 1:1000 kelahiran namun jika rekan
mengalami keadaan yang sama (berbeda golongan darah terutama A dan O) ada baiknya
mengkonsultasikan hal ini dengan dokter.

Kalau ada keterangan saya yang kurang benar mohon rekan mengkoreksi, karena ini saya
ambil dari keterangan saudara saya tersebut dan satu artikel yang saya baca dan
keterangan dari dokter karena kebetulan darah saya O dan suami A.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit RisTI - Telkom
Jl. Gegerkalong Hilir 47 Bandung-Indonesia
E-mail: [EMAIL PROTECTED]
*       Learn Telecommunication Technology at http://www.gematel.com
*       http://www.ristinet.com - See the difference think better