Beberapa prinsip Dr. Montessori adalah sebagai berikut :

1. Seorang anak kecil, tidak seperti orang dewasa, terus menerus berada
dalam keadaan pertumbuhan dan perubahan, pertumbuhannya ini sangat
dipengaruhi oleh lingkungan

2. Anak kecil senang sekali belajar. Tugas orang dewasa adalah mendorong,
memberi kesempatan belajar dan membiarkan anak belajar sendiri

3. Pikiran anak yang masih kecil mempunyai kemampuan besar untuk menyerap
berbagai pengalaman, walaupun dia belum mampu menyerap secara verbal. "Masa
yang paling penting dalam hidup bukanlah selama belajar di perguruan
tinggi, tetapi masa-masa dimulai sejak lahir sampai umur 6 Tahun, karena
selama masa tersebut kecerdasan anak terbentuk".

4. Anak kecil menyerap hampir semua yang dipelajarinya dari lingkungan.
Untuk meningkatkan belajar, lingkungan harus"dipersiapkan" sehingga anak
bisa bebas memilih kegiatan belajarnya

5. Anak kecil belajar banyak melalui gerakan-gerakan, dan gerakan-gerakan
ini tidak boleh dibatasi kecuali bila berbahaya dan merusak milik orang
lain. Ia membutuhkan kesempatan untuk bergerak, bereksplorasi, belajar
melalui alat inderanya.

6. Dalam perkembangannya,anak melewati masa-masa tertentu,dalam masa ini
anak lebih mudah belajar suatu kecakapan tertentu dibanding dengan masa
lain. Ini terlihat jelas dalam perkembangan bicara.

7. Kegiatan-kegiatan senso-motoris memainkan peranan penting dlm belajar
bagi anak. Semakin banyak kesempatan anak mengirimkan rangsangan-rangsangan
sensoris ke otak semakin berkembang kecerdasannya.

8. Anak paling baik belajar dalam suasana kebebasan yang disertai disiplin
diri, dan dalam lingkungan yang dipersiapkanuntuk membantunya belajar.

9. Guru tidak boleh memaksakan anak untuk belajar sesuatu, dan tidak boleh
mengganggu apa yang dipelajari anak. Ia tidak boleh memaksakan keinginannya
sendiri ataupun melenyapkan kepuasan yang dirasakan anak ketika melakukan
kegiatan yang dipilihnya

10. Anak harus belajar mengikuti temponya sendiri, sesuai dengan taraf
kematangannya, dan tanpa paksaanuntuk menyesuaikan dengan akan lain.

11. Anak mengembangkan kepercayaan pada dirinya bila dia berhasil
melaksanakan tugas-tugas sederhana, misalnya mengelap meja, menuangkan air
dari botol tanpa tumpah, atau mengalikan 13 dengan 8. Ia membutuhkan banyak
kesempatan untuk sukses-sukses yang demikian.

12. Bia anak diberi kesempatan untuk belajar pada saat sudah siap untuk
belajar, dia tidak saja akan meningkatkankecerdasannya, tetapi juga akan
merasakan kepuasan, menambah kepercayaan diri, dan keinginan untuk belajar
lebih banyak

Beberapa contoh : Eric, 4 tahun, Pagi-pagi setelah menyalami direktris
(pengganti istilah guru), dia bebas memilihkegiatan belajar yang
disenanginya. Dia tidak pernah dianjurkan agar bermain bersama temannya.
Dia boleh menggunakan materi belajar itu selama mungkin. Kegiatannya
betul-betul dianggap "bekerja" dan tidak seorangpun boleh mengganggunya.
Ini berbeda sekali dengan sekolah lain di mana bermain/bekerja sama sangat
dianjurkan. Eric dengan tenang memilih apa yang ingin dikerjakan, dan
selalu memilih "kegiatan praktis"dengan menggunakan sebuah ember kecil dia
mengambil air dari suatu ember besar yang ditulisi "air bersih" lalu dengan
lap bersih membersihkan meja. Setelah selesai dia menuangkan air dari ember
kecil ke ember besar yang ditulisi "air kotor" lalu dia menyimpan lagi
alat-alat tadi.
Marcia,3 tahun, mengambil setumpuk balok dan menyimpannya di atas tikar
lalu dia membangun menara
Setelah itu mulai permainan tenang. Duduk berkeliling, anak-anak menutup
matanya dan duduk dengan tidak bergerak. Permaianan ini mempunyai dua
tujuan : meningkatkan kepekaan pendengaran dan menunjukkan pada anak
kemajuannya dalam pengendalian tubuh.
Setelah semua diam, direktris dengan pelan menyebut namasetiap anak. Dengan
berjingkat-jingkat satu persatu anak-anakitu menuju kursinya, menarik dgn
perlahan lalu duduk terlihat kepuasan pada setiap anak, bahwa dia mampu
menguasai kursi itu dan dirinya sendiri.

Berikutnya acara minum susu, di sini anak secara bergiliran menuangkan susu
sendiri, hati-hati dan tidak ada yang tertumpah. Dengan penuh konsentrasi
dan senyum bangga di wajahnya, seorang anak 3 tahun membawa baki berisi
beberapa gelas kecil kepada teman-temannya dan membagikannya.

Berikutnya....tentu banyak lagi....di Bandung TK dengan metode montessery
di mana ya ?

Regards

Asep

Bahan diambil dari buku Meningkatkan Kecerdasan Anak karangan Joan Beck