Ibu Sida,
Kakak saya pernah mengalami seperti yang ibu alami, malah kalau menurut
saya apa yang kakak saya alami lebih kompleks.
Pada saat kehamilan pertama (usia 4 minggu), janinnya tidak berkembang dan
akhirnya kakak saya keguguran. Setelah dicheck ternyata kakak saya terkena
virus toksoplasma. Kakak saya sampai dua kali diaborsi karena pada aborsi
yang pertama belum bersih benar (dokternya agak lalai dan sudah minta
maaf).
Kemudian selang setahun aborsi kakak saya hamil lagi, dan dia ganti DSOG.
Menurut DSOG ini kakak saya harus diaborsi karena jika dilanjutkan
kehamilannya akan berbahaya untuk keselamatan kakak saya karena di samping
masih terjangkit virus tersebut dan, mioma di dalam rahimnya (mioma
tersebut akan berkembang jika si penderita hamil). Karena dia ingin sekali
punya anak dan takut kesempatan itu tidak akan datang lagi, kakak saya
menyanggupi untuk tetap mempertahankan kehamilannya dengan segala resiko.
Jadi selama kehamilannya hingga bayinya lahir (9 bulan) dia diberikan
obat-obatan untuk mematikan virusnya dan menjaga kesehatan janinnya. Selain
itu dia sering merasa mulas-mulas jika janinnya bergerak dan mengenai
miomanya. Selama sembilan bulan dia rajin ke dokter jika ada keluhan dan
malah setiap ke dokter dia minta di USG untuk mengetahui keadaan janinnya
(hampir seminggu sekali). Alhamdulillah bayinya lahir dengan selamat
melalui operasi cesar dengan berat 2.5 kg. Bayi itu sekarang sudah berumur
4 tahun, dan perkembangannya sangat bagus sepertinya tidak terjadi apa-apa
pada saat dia dikandung ibunya. Memang dia ada sedikit masalah dengan
kesehatannya, tetapi belum tentu akibat karena ibunya ada masalah pada saat
mengandungnya, yaitu kulitnya sangat sensitif dan dia mengidap asma dari
kecil. Tetapi dari semua itu yang saya lihat positifnya dari keponakan saya
itu, dia sangat tahan sakit. (dia tidak akan mengeluh dan menangis jika
tidak benar-benar merasakan sakit).

Saya rasa jika ibu merawat kandungan dan ibu sendiri dengan baik selain
dibantu dengan doa, Insya Allah nantinya ibu akan melahirkan dengan selamat
dan bayi ibu juga selamat.

Salam

Intan

sida <[EMAIL PROTECTED]> on 08/23/99 09:30:01 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]