Bayi Ibu berapa bulan usianya....?
Saya juga memiliki seorang anak, sekarang usianya 14 bulan. Sama halnya
dengan Ibu Janty, anak saya pun sejak usia 4 bulan saya berikan makanan
tambahan berupa bubur susu, dan dia sangat menyukai makanan tersebut. Sejak
usianya 5 bulan saya mencoba untuk memberikan makanan tambahan lain, seperti
tim saring...sari buah dsb. Namun dari sekian banyak makanan tambahan yang
saya berikan, hanya tim saring yang tidak disukainya, apalagi sejak usianya
menginjak 6 bulan dan telah tumbuh gigi. Saya pun mengira, anak saya hanya
menyukai makanan yang manis. Sampai-sampai saya hampir putus asa, karena
semua jenis makanan sudah saya cobakan kepadanya. Setelah tumbuh gigi anak
saya kurang menyukai makanan yang lembik, makanan camilannya pun dia memilih
makanan yang agak keras, seperti pilus, krupuk, rempeyek, tempe goreng dll
(dia tidak menyukai bisuit bayi). Saya membiarkan saja ia memakan makanan2
tersebut (yang ada dalam pikiran saya ketika itu adalah...anak saya sedang
menguji coba gigi barunya). Sejak usia delapan bulan (ketika mulai belajar
berjalan) anak saya sama sekali tidak menyukai makanan yang lembik seperti
bubur nasi dan nasi tim. Ia makan nasi layaknya kami sekeluarga makan.
Jadi saya kira, masalahnya bukan di soal "rasa" makanan, tetapi di jenis
makananya.
Satu lagi, kalau anak saya memang sudah benar2 tidak mau makan...saya tidak
pernah memaksanya, karena saya beranggapan ada kalanya anak sedang merasa
bosan. Hanya saja saya menggantinya dengan kuning telur ayam kampung mentah
dicampur dengan madu, dan susu formula sebanyak yang dia inginkan.
(Biasanya, bila anak saya tidak mau makan, ia akan mengkonsumsi susu formula
lebih banyak dari biasanya)
Demikian, semoga berguna....
;-)