Dear Netters,

Saya mengalami menstruasi yang tidak teratur setelah menggunakan IUD -
Spiral [menurut DSOG, spiral yang saya gunakan untuk "menjaga" kehamilan
sampai dengan 12 tahun]. Saya memasang Spiral tsb setelah kurang lebih 50
hari saya melahirkan dengan operasi caesar. Saya memberikan ASI - campur
sampai bayi berusia 5 bulan.

Sebelumnya sejak gadis sampai dengan hamil anak pertama, biasanya menstruasi
saya teratur tiap bulannya [terlambat paling lama 3-5 harian saja]. Setelah
hamil, melahirkan, dan sekarang bayi saya sudah berusia 9,5 bulan, saya baru
menstruasi 3 kali. Periode menstruasinya tidak teratur, kadang 1 bulan lebih
5 hari atau bahkan lebih, benar-benar tidak teratur waktunya.

Apakah periode menstruasi saya yang tidak teratur ini, disebabkan karena
pemasangan Spiral tsb ?
Ataukah hal ini wajar, meskipun usia bayi sudah 9,5 bulan ?

Saat ini saya sedang merencanakan punya bayi ke-2 / hamil kembali, setelah
bayi pertama berusia 1 tahun.
Apakah saya harus melepas Spiral tsb dari sekarang, supaya menstruasi saya
teratur kembali ?
Akankan Spiral yang saya pakai menggangu kesuburan rahim saya ?
Apakah saya akan menemui kesulitan mendapatkan bayi ke-2 ?

Mohon bagi pengalaman dari para netters & advice dari para DSOG. Thank You.