Dear Mbak Erny,

Saya juga pengguna IUD seperti anda.
Kebetulan saya tidak mengalami apa yang anda alami.
Ketika saya menggunakan IUD, anak saya saat itu berusia 6 bulan.
Sebelum memasang IUD (saya betul2 awam dengan kontrasepsi yang satu ini),
DSOG saya menanyakan jenis apa yang saya inginkan. Karena saya sama sekali
tidak mengetahui maka saya bertanya kepada DSOG saya. Beruntung saya, karena
dengan senang hati DSOG saya menjelaskan dengan detail semua jenis IUD yang
ada, keuntungan dan kerugian dari masing2 jenis, efek samping yang
ditimbulkan setelah pemasangan, cara pemasangan sampai dengan masa daluarsa
masing2 IUD.
Saya sependapat dengan Bp. Mardanil, sebaiknya sebelum menggunakan suatu
alat kontrasepsi....tanyakan sedetail mungkin tentang apa saja yang
berkaitan kepada DSOG anda.
Demikian semoga berguna.

Salam,
dhani