Sejak anak saya lahir sampai sekarang 15 bulan saya biasakan tidur
di kamar sendiri dalam boxnya. Bagi kita (orang tua si bayi) memang
cukup repot karena setiap bangun/ngompol/haus dsb kita harus jalan
ke kamarnya untuk menidurkan lagi. Tapi sekarang kami (suami-istri bekerja)
sudah biasa. Karena bangun paling 2x dalam semalam krn ngompol atau haus.
Mengenai bisa bikin mandiri atau tidak saya belum tahu  karena anak saya
masih kecil, tapi anak saya punya kebiasaan kalau bangun tidak nangis
kecuali kalau ngompol. Bahkan sekarang ini kalau dia merasa mengantuk dia
narik-narik tangan pengasuhnya ke kamarnya seakan mengajak untuk dibobokan.
Saya lihat dia juga lebih berani dibanding teman sebayanya.
Jadi saya pikir dipisahnya anak dari kamar orang tuanya tergantung dari kebiasaan
dari kecil. Apalagi anak Pak dr. Andi sudah cukup besar untuk tidur sendiri, saya kira
akan lebih mudah memberi pengertian kepadanya.

Salam