yth listers,
anak saya yang perempuan, sekarang umur 4 tahun, sejak bayi mudah sekali
muntah. sudah saya analisa sendiri pola makannya, diperiksakan ke DSA,
dokter ahli pencernaan.

sering sekali muntah, batuk sedikit, muntah. makan yang agak keras,
muntah. tetapi semakin bertambah umur, muntahnya makin jarang. tapi
masih muntah, kadang2 batuk2 waktu tidur, lalu muntah.

menurut saya, anak saya tsb sangat sensitif tenggorokannya. ini
merupakan "penyakit" keturunan, yang mana saya juga sangat sensitif pada
tenggorokan.

bila saya membersihkan lobang kuping saya yang sebelah kanan, saya pasti
batuk2 dan rasanya ingin muntah. juga pernah saya akan dirontgen oleh dr
gigi. waktu saya diberi film di geraham bungsu, terkena tenggorokan
saya. akhirnya tidak jadi dirontgen karena saya ingin muntah karena
hipersensitif.

itu pengalaman saya, tapi tidak menutup kemungkinan sbb:
1. anak belum menyesuaikan diri dengan makanan yang lebih padat
2. anak tidak suka dg rasanya ("mblenger")
3. kelainan pada faring
4. dll?

salam,
papanya dea-ian.