> From:         [EMAIL PROTECTED][SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
> Subject:      [balita-anda] Lecet di selangkangan...
>
> Terima kasih kepada rekan-rekan netter yang sudah memberikan informasi
> tentang beberapa pertanyaan saya. Saya ada pertanyaan lagi yaitu :
> keponakan saya saat ini sedang mengalami iritasi di kedua
> selangkangannya. Hal ini sudah 2 kali terjadi dalam satu bulan ini. Yang
> jadi pertanyaan saya mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana
> pencegahannya. Untuk saat ini umurnya masih di bawah 1 bulan.
> terima kasih sebelumnya.

Iritasi pada kulit bayi, terutama di bagian selangkangan dan pantat bayi
adalah merupakan hal yang lumrah terjadi. Iritasi ini biasanya disebut ruam
kulit pada bayi.
Iritasi ini terjadi karena kulit lembab dan terjadi pergesekan antara dua
permukaan kulit yang lembab. Hal ini dapat terjadi karena kulit bayi tidak
segera dikeringkan setelah membasuhnya sehabis 'pis' dan 'pup', atau juga
karena tidak segera mengganti popok basahnya. Popok yang basah karena pis
yang tidak segera diganti dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi
dikarenakan zat amonia yang terdapat pada cairan pis.
Untuk mencegah terjadinya hal tersebut adalah dengan segera mengganti popok
bayi sesaat setelah bayi pis dan pup. Segera keringkan air basuhannya.
Gunakan/oleskan kream nappy rash pada kulit yang mengalami iritasi/ruam
sebelum memakaikan popok atau diaper (mengoleskan kream nappy rash juga bisa
dilakukan sebelum terjadinya iritasi untuk pencegahan)
Jangan menggunakan diaper dalam waktu yang terlalu lama, selain dapat
membuat lecet karena karet diaper juga akan menimbulkan ruam pada kulit bayi
anda.
Gunakan diaper yang berdaya serap tinggi dan selalu kering permukaannya.
Jangan biarkan kulit bayi basah terlalu lama. Seringlah mengganti popoknya,
baik karena pis/pub maupun karena keringat.
Demikian semoga berguna.

        Salam,
        dhani