Pak Faisal Rizky,

Bayi saya kena diare pd usia 7 bulan. Mungkin karena botol susu tidak
steril, ia sempat memegang/memasukkan benda yg kotor ke dalam mulut atau
mungkin juga makanan yg diberikan tidak bersih. Waktu itu baru mulai
bekerja dan walalupun ditangani oleh pengasuh yg cukup berpengalaman, tapi
yang baru mulai bekerja pada saya.

Menurut saya (dan dokternya setuju), diare bayi saya sudah akut shg saya
minta utk di-opname di RSIA. Semua makanan dan minuman (termasuk susu,air
putih, teh manis) pasti dimuntahkan; kalau oralit kadang saja dimuntahkan,
tapi dia juga tidak terlalu suka meminum oralit.  Susunya diganti, dari
Bebelac 2 ke Bebelac FL (khusus bayi diare). Makanan dr RS adl bubur preda.
Untungnya, ASI saya masih cukup sehingga setiap dia memuntahkan
makanan/minuman, ia saya beri ASI. Biasanya dia akan sangat rakus dan lalu
tertidur dg lemas. Waktu itu dia diopname3 hari, dan dijaga di rumah selama
2 hari.

Jika bayi bapak masih ingin diberikan susunya yg biasa, sebaiknya
takarannya di-encerkan. Mulai dg 4 bagian air dg 1 sendok susu (mis. utk
Bebelac saya, 4 sendok susu utk 120 ml. air, saya hanya beri satu sendok
takaran susu); berikan encer spt itu dulu beberapa kali; lalu mulai bisa
ditingkatkan dg mengentalkannya. Semoga bayinya cepat sembuh.

Zullia Saida
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5
Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356