Mamanya Laura,
Secara tepat saya tidak tahu berapa kebutuhan anak
akan vitamin dan mineral, mungkin ibu bisa lihat di
salah satu buku ibu Tuti Soenardi, biasanya tercantum
kebutuhan vitamin dan mineral yang lengkap.
Namun yang perlu diperhatikan adalah anak tidak butuh
tambahan vitamin secara kontinyu jika pola makan dan
pola gizinya baik (4 sehat 5 sempurna). Apalagi jika
anak masih minum susu formula lanjutan (bukan
fullcream biasa) karena jenis susu ini sudah
ditambahkan dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan
untuk anak.
Hati-hati dengan pemberian vitamin yang berlebihan
terutama untuk vitamin yang tidak larut di air yaitu
A, D, E, K yang kalau terlalu banyak malah menyebabkan
kerusakan pada hati karena tidak dapat dibuang melalui
urine.
Setahu saya Elkana banyak diberikan untuk ibu hamil
yaitu untuk kebutuhan kalsium, tapi apakah untuk
balita juga diberikan Elkana saya kurang tahu,
sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter anak ibu.
VItamin yang dijual di apotik ada 2 jenis, yang
pertama untuk menambah kebutuhan vitamin anak, yang
kedua untuk memacu nafsu makan anak. Jenis vitamin
pertama biasanya hanya memiliki komposisi vitamin yang
kita kenal yaitu A, B, C, D, E dll. Sedangkan vitamin
untuk memacu nafsu makan biasanya ada unsur tambahan
seperti Lysin, Nicotin, dll. Sebaiknya vitamin untuk
memacu nafsu makan tidak dipakai dalam waktu yang
lama, karena bagaimana pun lebih baik membiarkan nafsu
makan anak secara alami.
Vitamin tidak secara langsung berpengaruh terhadap
berat badan anak, kecuali vitamin pemacu nafsu makan,
dengan nafsu makan yang lebih baik, biasanya berat
badan akan meningkat.
Demikian dari saya.

Mamanya Dafi

=====