Kebutuhan vitamin dan mineral anak usia 2 tahun ke atas lebih banyak karena
mereka dalam masa pertumbuhan. Ada beberapa DSA yang tidak terlalu
menyarankan penambahan vitamin jika anak sudah baik makanannya termasuk
susunya. Hal ini dikuatirkan jika akan mengakibatkan anak menjadi gemuk
karena zat lysin (penambah nafsu makan) yang sering ditambahkan dalam
vitamin yang dijual di pasaran. Sebagai patokan kasar, umur 1 tahun berat
anak minimal 3 kali berat lahir dan umur 2 tahun minimal 4 kali berat
lahir. Jadi orang tua bisa mengukur apakah perlu ditambahkan penambah nafsu
makan.

Kalau anak ibu sudak gemuk sebaiknya diperhatikan vitamin yang tidak
mengandung penambah nafsu makan tetapi yang dapat memenuhi kebutuhan
vitamin dan mineral yang sulit didapat dalam makanan, misalnya zat besi,
vitamin B komplek, vitamin E, seng dan mineral lainnya. Bagaimanapun
vitamin yang berasal dari makanan lebih baik dari pada vitamin suplemen.
Jadi makanan bergizi tetap diberikan dan kekurangannya bisa ditambahkan
dengan suplemen, asal tidak terlalu berlebihan.

Ibunya Adam dan Adnin