Bapak Alta,

menurut orang-2, bayi gumoh adalah biasa, tapi kalo melihat bayi kita
muntahannya terlalu banyak dan mukanya sampe merah dan keletihan, siapa yang
sanggup... ya, nggak?

mungkin bayi bapak termakan sesuatu yang asing, misalnya suatu kali bayi
saya muntah karena menghisap jempol kakinya sedangkan kaki tsb barusan saya
urut dengan baby oil.. atau mungkin perut bayi bapak kekenyangan dan terus
diasupi makanan/susu dan mungkin bahkan berhari-2 sudah nggak BAB (tandanya
bayi akan rewel tanpa sebab) ?? kalo begitu, hanya dengan mengeluarkan
makanan dari mulut, badannya sedikit enakan...

kalo bayi bapak kembung, coba aja telungkupkan bayi bapak dengan posisi
perutnya ditekan ke kaki ibu/bapak sampai dia ber-sendawa..

dan jangan bapak sedot sisa susu dari hidung dengan mulut, karena menurut
DSA saya, mulut mengandung kuman yang dapat menularkan ke bayi kita..
bersihkan pake cotton bud aja atau pake tissue yang dimasukkan ke lubang
hidungnya...